http://www.blogodolar.com/blog-yang-menghasilkan-uang-milyaran-per-tahun/
Blog dapat
menghasilkan uang milyaran rupiah. Demikian menurut laporan Business Week yang
menampilkan 13 blogger sukses. Walaupun dipublikasikan 2 tahun lalu, saya
berpendapat laporan ini masih berguna dan siapa tahu bisa menjadi inspirasi,
terutama bagi Anda yang ingin menjadi blogger profesional.
Dari 13
blog yang disebutkan majalah bisnis online terkemuka itu, saya memilih 8 blog
yang menghasilkan uang satu milyar rupiah atau lebih per tahunnya. Selain itu,
kedelapan blog sukses ini juga memiliki jumlah pengunjung harian yang
mencengangkan.
Inilah
kedelapan blog tersebut beserta profil singkatnya.
1. BoingBoing
Pemiliknya
adalah Mark Frauenfelder, seorang penulis dan ilustrator. Mark pernah bekerja
sebagai kolumnis bulanan “living online” di majalah Play Boy selama 3 tahun.
Didirikan
|
January, 2000
|
Penghasilan
|
> Rp 1 Milyar per
tahun
|
Topik
|
Komik, fiksi ilmiah,
komputer, dan teknologi
|
Trafik
|
22 juta page views
dan 2,6 juta unique visitors (pengunjung blog yang berasal dari 1 alamat IP
tertentu) per bulan
|
Update
|
20-40 postingan per
hari dengan 4 penulis bayaran
|
Sumber penghasilan
|
Iklan dengan tarif
US $ 350 per minggu (button kecil), iklan banner $ 2000 – $ 3000 untuk
minimum 170,000 impresi
|
Wow
iklannya mahal banget, trafiknya pun hampir 1 juta page views per hari. Luar
biasa!
2. ShoeMoney
Pemilik
blog adalah Jeremy Schoemaker, pria berkepala plontos asal Amerika Serikat yang
berpenampilan eksentrik.
Didirikan
|
Oktober 2005
|
Penghasilan
|
$12,000 per bulan
(setara Rp 1,4 milyar per tahun)
|
Topik
|
Make money online
|
Trafik
|
20,000 unique
visitors per hari
|
Sumber penghasilan
|
Produk sendiri,
AuctionAds, dan Adsense
|
Busyet
deh, jumlah pengunjung 20,000 per hari. Hebat tenan…
3. talkingpointsmemo.com
Pemilik:
Josh Marshall. Mantan reporter politik yang menjadi full-time blogger.
Didirikan
|
November 2000
|
Penghasilan
|
$54,000 per bulan
(setara Rp 5,4 milyar per tahun)
|
Topik
|
Politik
|
Trafik
|
500,000 page views
per minggu
|
Sumber penghasilan
|
Iklan, afiliasi
|
Memang doi
wartawan, jadi pintar menulis untuk mencari uang
4. perezhilton.com
Pemiliknya
Mario Lavandeira. Simak kata-katanya ini, “Advertisers come to me because I get
a lot of traffic. I get a lot of traffic because I work hard”.
Didirikan
|
September 2004
|
Penghasilan
|
$110,000 per bulan
(setara Rp 13,2 milyar per tahun)
|
Topik
|
Gosip selebriti
|
Update
|
20 postingan per
hari
|
Trafik
|
4 juta unique
visitors per hari
|
Sumber penghasilan
|
Iklan (1 banner
bertarif $13,000 per hari)
|
Perez
Hilton memang blog selebriti dunia. Pemiliknya pun menjadi selebriti. Bahkan,
dia menjadi juri dalam pemilihan Miss America 2009 lalu.
5. Gothamist
Pemiliknya
adalah Jake Dobkin. “Advertisers like the demographics: young, educated, and
often wealthy readers. A real draw for the city-based sites is the ability to
target online ads geographically. It’s a benefit that some of the other
independent publishers or blog networks can’t offer,” Dobkin says.
Didirikan
|
Januari 2003
|
Penghasilan
|
$50,000 per bulan
(setara Rp 6 milyar per tahun)
|
Topik
|
Dinamika kota New
York, seni, makanan, events, dan 7 kota-kota metropolitan dunia
|
Update
|
20-25 postingan per
hari (lebih dari 5 penulis)
|
Trafik
|
7 juta page views
per bulan
|
Sumber penghasilan
|
Iklan
|
Luar
biasa, dengan hanya memuat berita-berita seputar kota New York bisa mendapat
uang milayaran.
6. TechCrunch
Pemiliknya
adalah Michael Arrington. “Our advertisers are people who want to reach a tech
audience and an early-adopter audience. It’s a targeted audience that spends a
lot of money,” Arrington says.
Didirikan
|
Juni 2005
|
Penghasilan
|
$200,000 per bulan
(setara Rp 24 milyar per tahun)
|
Topik
|
gear, mobile
technology, and sites
|
Trafik
|
5 juta page views
per bulan
|
Sumber penghasilan
|
Iklan (button kecil
tarifnya $300 dan banner $ paling kecil $1,000 per minggu) dan job board
|
Mahal
benar iklannya, gak mungkin deh Blogodolar beriklan di sana. Anyway, salut buat
TechCrunch yang pelangggan RSS-nya mencapai 2,935,000 (per 3 Agustus 09).
7. Mashable
Pemiliknya
adalah Pete Cashmore. “Now it’s more than a full-time job. Bloggers don’t get
much sleep,” he says.
Didirikan
|
Juli 2005
|
Penghasilan
|
$166,000 per bulan
(setara Rp 19,9 milyar per tahun)
|
Topik
|
trend of mashups
|
Trafik
|
4 juta page views
per bulan
|
Sumber uang utama
|
Iklan teks (tarifnya
$100 per minggu) dan banner (tarifnya $2,000 per minggu)
|
Memang
blogger harus banyak begadang, sedikit tidur biar seperti Mashable tuh
8. Problogger
Pemiliknya
Darren Rowse. Ia sering dijuluki Bapaknya para blogger yang make money
blogging. Dengan bantuannya (dibahas dan mempersilakan para blogger menjadi
guest blogger di blognya), banyak blogger yang menjadi terkenal (misalnya Yaro
Starak, Chris Garret) dan meraup ribuan dolar per bulannya.
Didirikan
|
November 2004
|
Penghasilan
|
$100,000 per tahun
(setara Rp 1 milyar)
|
Topik
|
Make money online
dan make money blogging
|
Up date
|
1-2 postingan per
hari
|
Trafik
|
1,5 juta pengunjung
per bulan
|
Sumber uang utama
|
Chitika, Google
AdSense, Text Link Ads, dan Amazon Associates.
|
Salut buat
Darren yang rendah hati dan mumpuni di bidangnya.
Opini Saya
Dari
kesuksesan kedelapan blog tersebut, saya memiliki dua opini berikut ini:
- Trafik
merupakan faktor penting dalam monetisasi blog. Semakin tinggi trafik,
semakin besar peluang uang yang didapat.
- Topik
(niche) gosip selebriti merupakan ladang basah untuk menghasilkan uang.
Terlepas dari kontroversi, topik ini memang sangat disukai banyak orang.
Sumber
foto: Business Week
0 comments:
Posting Komentar