MODUL AKUNTANSI


 Modul Akuntansi Dasar ini saya susun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa saya sebagai bahan tambahan buku referensi disamping buku-buku wajib yang dianjurkan oleh pihak kampus…..semoga dapat bermanfaat sebagai khasanah kajian ilmu pengetahuan.
Modul ini saya bagi dua bagian yaitu Modul Akuntansi Dasar 1 dan Akuntansi Dasar 2. Mengingat materi yang tersaji dalam modul ini mengandung format tulisan dan tabel-tabel yang tidak mungkin bisa ditampilkan utuh dan sempurna dalam blog ini, maka saya meng-attach materi ke dalam file-file yang berformat PDF. Anda bisa mendownload materi ini per Bab.
Modul ini sederhana dan masih banyak kekurangan, mohon respon, kritik dan saran anda untuk penyempurnaan dan perbaikan di masa yang akan datang. Terima Kasih atas kunjungannya.
Download MODUL AKUNTANSI DASAR:
Silakan mengunduh file-file ini berdasarkan 2 kelompok.

AKUNTANSI DASAR 1 :
Kata Pengantar
Alhamdulillah, saya dapat menyuguhkan kepada mahasiswa STMIK Duta Bangsa Surakarta dan POLITEKNIK INDONUSA Surakarta sebuah modul berjudul Akuntansi Dasar 1 yang ringkas dan padat isinya. Sebenarnya naskah modul ini merupakan pengembangan dari hand out Akuntansi Dasar 1 yang pernah saya buat dan sudah lama ada di lingkungan POLITEKNIK INDONUSA dan STMIK Duta Bangsa Surakarta, namun baru dapat diterbitkan sekarang. Hal ini disebabkan oleh perbaikan dan penyempurnaan naskah tersebut agar setelah terbit tidak mengecewakan mahasisiwa pembaca. Modul ini disusun sebagai pelengkap referensi materi perkuliahan Akuntansi Dasar 1 disamping buku-buku teks referensi yang sudah ada. Modul ini disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang, dengan tetap memperhatikan dan menaati kaidah Bahasa Indonesia.Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penerbitan modul ini, khususnya kepada Direktur POLITEKNIK INDONUSA Surakarta dan Ketua STMIK Duta Bangsa Surakarta. Tanpa bantuan dan partisipasi mereka, saya yakin, modul ini tidak akan terwujud dengan baik. Akhirnya , saya berharap semoga modul ini bermanfaat. Kritik dan saran dari pembaca sangat saya hargai.
Surakarta,   Februari 2009
Penulis, Rochmad Judianto, SE., MM., Akuntan
Content:
AKUNTANSI DASAR 2 :
Kata Pengantar
Alhamdulillah, dengan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT., Modul Akuntansi Dasar 2 ini telah dapat saya tuntaskan. Modul ini saya susun dalam rangka menambah khasanah buku referensi mata kuliah Akuntansi Dasar 2 di STMIK Duta Bangsa Surakarta dan POLITEKNIK INDONUSA. Mengingat keberadaan buku-buku akuntansi untuk mahasiswa yang menempuh studi di bidang sistem informatika dan manajemen informatika masih sangat terbatas, maka saya mencoba menyuguhkan kepada mahasiswa STMIK Duta Bangsa dan POLITEKNIK INDONUSA Surakarta sebuah modul Akuntansi Dasar 2 yang ringkas, sederhana dan mudah dipahami. Ungkapan rasa  terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu penerbitan modul ini:
  1. Bp. Drs. Singgih Purnomo, M.M. , Ketua STMIK  Duta Bangsa Surakarta
  2. Ibu Ir. Suci Purwandari, Direktur Politeknik IndonusaSurakarta.
  3. Bp. Wijiyanto, S.Kom dan Ibu Sri Sumarlinda, S.Kom.,  di STMIK Duta Bangsa Surakarta.
Tanpa bantuan, dukungan dan partisipasi mereka, saya yakin, modul ini tidak akan terwujud dengan baik. Harapan saya Modul Akuntansi Dasar 2 ini dapat menjadi buku pegangan kuliah yang bermanfaat. Kritik dan saran dari mahasiswa dan pembaca sangat saya butuhkan untuk penyempurnaan modul ini di kemudian hari.
Surakarta,   Maret 2009
Penulis, Rochmad Judianto, SE., MM., Akuntan
Content:
DAFTAR PUSTAKA
 Al. Haryono Yusup, Dasar-dasar Akuntansi Jilid 1, STIE YKPN,Yogyakarta, 1993
Belkaoui, Ahmed, Accounting Theory, Harcourt Brace Jovanovic Inc.,Florida 1985
Fess and Warren, Accounting Principles 10th edition, John Wiley & Sons Inc.USA, 1998
Financial Accounting Standard Board, Accounting Standard: Standard of Financial Accounting Concept.  Irwin,HomewoodIllinois, 1988
Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Buku satu, Salemba Empat,Jakarta 1999
Kam, Vernon, Accounting Theory. John Wiley & Sons Inc,USA, 1986
Paton, W.A. and Littleton, A.C., An Introduction to Corporate Accounting Standards. American Accounting Association, 1940
Rochmad Judianto, Hand-out Mata Kuliah: Akuntansi Dasar 1. STMIK Duta BangsaSurakarta, 2003
Slamet Sugiri, Pengantar Akuntansi 1, Edisi Revisi. UPP AMP YKPNYogyakarta, 1993
Soemarso S.R., Akuntansi, Suatu Pengantar, Edisi Lima. Penerbit Salemba EmpatJakarta, 2002
Weygant, Kieso and Kimmel, Accounting Principles, 5th edition. John Wiley & Sons Inc, 1998

0 comments:

Posting Komentar

 

LIBRARI Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger