Pendahuluan
Flowchart
merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan
tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah
program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk
memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan
pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika
program
Beberapa langkah dalam prosen pembuatan suatu program atau software :
1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah
awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara
lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan,
fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian
menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk
menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program
yang digunakan untuk pembuatan program.
Banyak
sekali para programmer yang tidak memperhatikan langkah-langkah diatas,
padahal hal ini adalah hal yang penting dalam proses pembuatan program.
Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1. Input
Bagian
ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device
yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses
membaca data yang akan diolah dari device tersebut.
2. Output
Bagian
ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah,
melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer
dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.
3. Proses Pengolahan Data
Bagian
ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan
metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini
menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.
4. Penyimpanan Data
Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.
Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.
Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.
Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
Algoritmanya :
1. Bagi bilangan dengan bilangan 2
2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
3. Bila
sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap
tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah
bilangan ganjil.
Flowchart
Flowchart
adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma
dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.
Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :
Dari contoh
algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah
bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah
sebagai berikut :
0 comments:
Posting Komentar