9 Aplikasi Messaging Lintas Platform

Selasa, 31 Juli 2012
2672aeed00881ae960b7f138a41c20c4

sumber:http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/4215-9-aplikasi-messaging-lintas-platform
Aplikasi messaging menjadi aplikasi yang wajib ada pada perangkat tablet untuk anda yang ingin  selalu terkoneksi dengan  kerabat atau teman tedekat anda. Beberapa dari aplikasi tersebut memliki fitur yang menarik yang menjadikan kegiatan messaging menjadi lebih menyenangkan seperti penambahan pada emoticon atau sticker dan bahkan ada yang menyediakan fitur free call. Dan pastinya penggunaan dari aplikasi tersebut cenderung mudah dan tersedia di beberapa perangkat tablet PC yang memiliki sistem operasi yang berbeda.

Berikut beberapa aplikasi messaging yang menarik untuk anda coba :

7 Application for Office


2208db800ff6d7698efbf1450df2e8b8
sumber :http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/4243-7-application-for-office-
Dengan bentuk yang lebih praktis dibandingkan notebook atau laptop, tak berarti fungsi Tablet PC jadi terbatas. Pasalnya, dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, Tablet PC bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan beragam pekerjaan kantor. Misalnya untuk presentasi, mengirim email, melihat dan membuat file dokumen bisnis atau hal lainnya lain yang biasa dilakukan di PC. Hal ini, tentu saja tak lepas pula dengan dukungan aplikasi Office seperti berikut ini:

Olive Office Premium

F5d44758e2c49ab8651efe8b41859233
Developer    : OlivePhone
Format         : Android
OS Minimum     : 1.6 and up

4 Langkah Amankan data Blackberry

35596ba9af8e46acd5a6a004d25aa1b7
Anda tentu menyimpan informasi berharga di BlackBerry, seperti data relasi bisnis, email-email penting, hingga file-file berharga Anda. Untuk itu, menjaga keamanan BlackBerry tentu menjadi sangat penting buat, demi menjaga kerahasiaan file pribadi hingga mencegah kehilangan data yang penting bagi Anda.

Cara sederhana bisa dilakukan misalnya dengan tidak meninggalkan BlackBerry Anda tanpa pengawasan, namun disamping itu tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk menggandakan keamanan data di BlackBerry

30+ Awesome Free iDevices (iPhone, iPad, iOS) GUI Element Templates(English)

Minggu, 29 Juli 2012
Creativity means a lot in any kind of presentation. Whether it’s a logo, banner, advertisement or a complete design; being able to inject creativity into it not only helps in floating the message around, it also leaves solid impression on the viewer.
30+ Awesome Free iDevices (iPhone, iPad, iOS) GUI Element Templates

MODUL AKUNTANSI

Kamis, 26 Juli 2012


 Modul Akuntansi Dasar ini saya susun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa saya sebagai bahan tambahan buku referensi disamping buku-buku wajib yang dianjurkan oleh pihak kampus…..semoga dapat bermanfaat sebagai khasanah kajian ilmu pengetahuan.
Modul ini saya bagi dua bagian yaitu Modul Akuntansi Dasar 1 dan Akuntansi Dasar 2. Mengingat materi yang tersaji dalam modul ini mengandung format tulisan dan tabel-tabel yang tidak mungkin bisa ditampilkan utuh dan sempurna dalam blog ini, maka saya meng-attach materi ke dalam file-file yang berformat PDF. Anda bisa mendownload materi ini per Bab.
Modul ini sederhana dan masih banyak kekurangan, mohon respon, kritik dan saran anda untuk penyempurnaan dan perbaikan di masa yang akan datang. Terima Kasih atas kunjungannya.
Download MODUL AKUNTANSI DASAR:
Silakan mengunduh file-file ini berdasarkan 2 kelompok.

Contoh Laporan Keuangan


Di bawah ini adalah contoh laporan rugi/laba pada perusahaan perdagangan pada umumnya.

Laporan rugi/laba
PT. ABCD
Untuk periode berakhir 31 Desember 1999

Pendapatan:
  Penjualan
10,000,000
Harga pokok penjualan:
  Persediaan awal
2,000,000
  Pembelian
7,000,000
  Tersedia untuk dijual
9,000,000
  Persediaan akhir
3,000,000
  Harga pokok penjualan
6,000,000
Laba kotor
4,000,000

akuntansi dan penjelasan

Di zaman sekarang, perkembangan computer dan networking sedemikian canggih dan relative murah, masih banyak yang mengatakan akuntansi itu sulit dan membuat jenuh.





Alasan mereka karena berbagai aturan tata buku yang mengharuskan mencatat transaksi berulang kali mulai dari mencatat jurnal, mengklasifikasi transaksi, posting ke buku besar , membuat neraca lajur, menyusun laporan rugi laba, neraca sampai proses tutup buku dan sebagainya,  sehingga proses pembuatan laporan keuangan membutuhkan waktu dan relative lama.
System akuntansi berkembang sesuai dengan berkembangnya kebutuhan informasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan. Proses yang lama seperti ilustrasi tersebut adalah teori pembukuan metode tangan dan metode mesin tik warisan zaman belanda. Sekarang digunakan Accounting system dengan bantuan system komputer. Sudah jarang ditemukan mesin tik namun faktanya masih banyak pengolahan akuntansi menggunakan komputer yang hanya sekedar menggantikan mesin tik sehingga manfaat yang diperoleh dari sumber daya computer sangat minim. Kenyataan ini semata-mata permasalahan sumberdaya manusia.

Pemrograman dan Penjelasannya dan Jenisnya

    Pemograman
1.Pemrograman Prosedural (Procedural Programming) *

• Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma adalah proses yang procedural.
• Defenisi procedural adalah :
1. Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas
2. Metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu masalah
 
     • Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi      terdiri atas runtutan instruksi yang dilaksanakan satu persatu secara berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan didalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun atau procedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman procedural.

  • Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C. mendukung kegiatan pemrograman procedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa procedural.

Linux dan Penjelasannya


    LINUX

        
Kata "Linux" untuk saat ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet dan komunitas mahasiswa yang memiliki hobi untuk mencoba software-software baru. Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai platform termasuk prosesor Intel 386 maupun yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, Linus Torvalds, yang sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. Lingkungan sistem operasi ini mencakup ratusan program, termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas.
     
Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, ethernet, SLIP dan PPP dan interoperabilitas. Produk perangkat lunak yang handal (reliable), termasuk versi pengembangan terakhir. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux portabel ke suatu platform baru, begitu juga mendukung komunitas pengguna yang memiliki beragam kebutuhan dan juga pengguna dapat turut serta bertindak sebagai tim pengembang sendiri.

Pengertian Informatika

Picture         Pengertian Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
      Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, karena masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer, yang dapat dimasukkan di dalam aspek dari informatika ini.
        Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Menurtu ahli lain:
      
         Informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer.

          Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris.
         Dalam pendefenisian istilah informatika, menurut Philippe Dreyfus (1962) dan l`Academie Francaise (1967) yang mendefenisikan informatika tersebut sebagai berikut:
        Kumpulan Disiplin Ilmu (scientific discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut transformasi / pengolahan dari "Fakta Simbolik" (data / informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer.
        Dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.
       Jika dilihat secara menyeluruh dari pengertian informatika di atas, pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari Informatika ini, mengingat pendekatan tersebut merupakan kunci dalam hal mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.
      Pada prinsipnya keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi.
      Teknologi yang terautomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin, namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer.
      Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi, sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia, sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.


Software Pengusir Nyamuk dan Tikus



Mungkin di rumah atau kost anda banyak nyamuk dan tikusnya....

Anda bisa menggunakan Software ini untuk mengusir nyamuk dan tikus di rumah atau kost anda.

Cara kerja software ini adalah dengan metode suara. Saat software ini dijalankan, maka akan terdengar suara yang hanya bisa didengarkan oleh binatang tertentu, seperti tikus dan nyamuk. Suara yang dihasilkan dari software ini sangatlah berisik sehingga membuat nyamuk dan tikus tak nyaman dan berusaha menjauh dari jangkauan suara yang dihasilkan software ini.


Nama software ini adalah
"Software Pengusir Nyamuk dan Tikus Ver.1.02"

RoboMind, Game untuk Programmer Pemula

Bagi Anda seorang programmer pemula, ada sebuah game yang menarik buat Anda. Game yang menggabungkan konsep pemrograman dengan Robot. Mungkin game ini cocok pula bagi para programmer yang dulunya bercita-cita ingin membuat robot, namun tidak kesampaian . Game ini bernama RoboMind.

Robomind adalah sebuah game opensource tentang bagaimana mengendalikan pergerakan sebuah robot melalui perintah-perintah menggunakan bahasa pemrograman. Game yang dibuat oleh Arvid Halma dari Universitas Amsterdam ini dapat didownload di URL http://www.robomind.net

Mengapa game ini cocok bagi mereka yang baru belajar pemrograman? Ya… di dalam game ini, kita bisa mengatur sendiri langkah-per langkah kita untuk mengatur gerakan robot, dalam hal ini melatih kemampuan kita dalam penguasaan algoritma dan logika. Selain itu dalam RoboMind ini terdapat pula beberapa struktur pemrograman seperti halnya bahasa pemrograman pada umumnya, seperti bentuk IF, LOOPING, dan PROCEDURE.

Modul Algoritma dan Pemrograman dari UNNES

Dunia Programming, adalah dunia yang pasti akan dirasakan oleh mahasiswa yang masuk ke jurusan Teknik Informatika. Di kebanyakan Universitas di Indonesia, materi Algoritma dan Pemrograman mempelajarai Bahasa C karena bahasa C merupakan dasar bahasa-bahasa pemrograman baru sekearang ini, seperti Java, C++, PHP, Visual Basic.NET dll. Buat temen-temen yang mau belajar Pemrograman C,
bisa download modul berikut ini yang saya dapatkan dari perkuliaha di UNNES  :

Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs





Cara membuat formulir pendaftaran menggunakan Google Docs sangat mudah, buat sobat yang awam membuat formulir secara online juga bisa tanpa harus ribet memikirkan script html atau css. Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar kerja, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Disini sobat bisa menulis documen, membuat presentasi seperti microsoft powerpoint, membuat gambar dan tabel. Tapi dalam bahasan kali ini blog WeruTech akan membahas bagaimana cara membuat formulir pendaftaran dengan Google Docs atau Google Document .


Untuk membuat formulir pendaftaran dengan Google Docs yang pasti harus ada koneksi internet dan punya akun Google dan lakukan hal-hal seperti di bawah ini :

  1. Login ke akun email Google
  2. Pilih menu Lainya (More) – Document pada page Google, sehingga muncul halaman Document
  3. Klik Create pada left side bar dan pilih Form sehingga akan muncul seperti ini

Desain Blog yang Baik


Di dunia nyata,kita pertama kali melihat orang pasti dari penampilan luarnya. Begitu juga di dunia maya, kita melihat blog pertama kali pasti dari desainnya. Desain merupakan hal yang sangat vital bagi sebuah blog. Jika desain blog kita baik, maka pengunjung akan merasa senang, dan mungkin saja akan berkunjung secara rutin ke blog kita. Tapi jika desain blog kita buruk, jangankan berkunjung lagi, untuk membaca artikel kitapun pasti enggan. Paling dia berkunjung ke blog kita hanya beberapa menit, bahkan beberapa detik. Lalu bagaimana desain blog
yang baik. Berikut ini beberapa aspek yang membuat desain blog menjadi (menurut saya) baik.

Algoritma dan Flowchart

sumber: http://ptik-rizalyugo.blogspot.com/2011/12/algoritma-dan-flowchart.html#more


Pendahuluan

Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program
Beberapa langkah dalam prosen pembuatan suatu program atau software :

1.     Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program  yang digunakan untuk pembuatan program.

2.      Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :

Belajar Logika Pemrograman

Ada suatu model permasalahan dalam logika pemrograman bagi pemula seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini :

Bagaimana penyelesaiannya ?
  1. Untuk penyelesaian logika program membangun bentuk seperti pada gambar 1 di atas, kita harus melakukan permodelan. Kita mengacu pada baris saja, setiap baris akan merepresentasikan apakah karakter atau angka dicetak atau tidak. Misal, baris ke-1 dicetak hanya 1 angka saja. Baris ke-2 dicetak hanya 2 angka saja, begitu juga seterusnya hingga n baris. Sehingga dapat dibuat suatu logika bahwa jika kolom lebih besar dari baris ke-i maka cetak karakter spasi dan jika tidak maka cetak angka (angka tersebut bertambah satu untuk setiap iterasinya)

30 Freeware Keren

Tak selamanya software gratis atau biasa disebut dengan freeware memiliki kualitas yang buruk atau pas-pasan, nyatanya banyak sekali freeware yang sanggup bersaing dengan software-software jutaan rupiah yang tersebar di pasaran.
Tengok saja Blender atau Google SketchUp, aplikasi rancang bangun 3d yang mampu bersaing dengan software kelas atas seperti 3ds Max, AutoCAD atau maya.
Pada artikel ini, saya merangkum 30 lebih freeware terbaik dan memiliki kualitas yang sangat tinggi, dikelompokkan berdasarkan kategorinya masing-masing. Selamat menikmati.

Antivirus

  • Avira Antivir Free Edition
    Meskipun versi gratis, namun kepekaan dalam mendeteksi keberadaan virusnya tidak kalah peka, Download gratis, perpanjangan key gratis, dan updatepun gratis
    Download 
    Mirror

10 Tips Sukses Belajar Pemrograman

sumber: http://ptik-rizalyugo.blogspot.com/2012/01/10-tips-sukses-belajar-pemrograman.html

Programming adalah hal yang wajib dikuasai oleh setiap mahasiswa TI, namun banyak mahasiswa yang berfikiran bahwa programming adalah ilmu yang sulit dikuasai. Pemikiran awal yang seperti inilah yang membuat banyak orang tidak suka pemrograman, menurut saya pemrograman adalah hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Buat temen-temen yang ingin memulai belajar pemrograman berikut ini kiat-kiat agar sukses dalam belajar pemrograman :
  1. Modal awal untuk belajar pemrograman adalah motivasi. Kalau motivasi Anda untuk belajar motivasi besar, Selamat… Anda adalah calon seorang programmer handal. Fokus selanjutnya adalah mengasah skill Anda untuk belajar pemrograman. Terus pertahankan motivasi yang telah Anda miliki. Jangan sampai motivasi ini pupus ketika menemui kegagalan.
  2. Jangan mudah menyerah. Memang… belajar pemrograman adalah tidak mudah. Butuh perjuangan, kerja keras, serta pengalaman (jam terbang). Jangan mudah menyerah ketika banyak error yang muncul ketika membuat program.
  3. Jangan sekali-kali menganggap pemrograman itu adalah sepenuhnya pelajaran ‘Menghapal’. Memang betul, menghapal juga diperlukan yaitu ketika menghapalkan sintaks dan aturan penulisan dalam program. Tapi secara prinsip, pemrograman adalah pelajaran cara berpikir dan logika bagaimana menyelesaikan masalah.
  4. Jangan hanya menjadi tukang ketik. Ketika dosen Anda memberikan contoh program di kelas atau ketika praktikum, jangan hanya memandang setiap barisan kode program tersebut sebagai angin lalu dan hanya Anda pindahkan ke kertas atau komputer. Kalau hanya demikian, sama halnya Anda belajar menjadi tukang ketik. Coba pahami setiap baris kode dan alur program yang dituliskan guru atau dosen Anda. Kalau sudah paham, coba tulis program menurut versi Anda sendiri ke buku atau komputer Anda. Apabila hal ini Anda lakukan, maka secara tidak sadar Anda telah melatih logika berpikir Anda dan belajar menuangkan logika berpikir ke dalam bentuk program.
  5. Untuk mendukung belajar Anda, coba cari orang yang mau mengajari Anda ketika menemui masalah dalam belajar pemrograman. Bisa teman dekat, teman di internet atau bahkan guru dan dosen yang dekat dengan Anda.
  6. Jangan mengandalkan tatap muka di kelas. Materi pemrograman sangatlah luas. Apa yang diberikan dosen ketika kuliah itu sangatlah kecil cakupannya dibandingkan keseluruhan ilmu pemrograman. Cobalah eksplorasi sendiri segala hal tentang pemrograman. Ada banyak referensi di internet yang membahas tentang tips dan trik serta teknik dalam pemrograman.
  7. Carilah komunitas yang fokus dengan pemrograman. Di internet ada banyak forum diskusi via web atau mailing list yang membahas tentang pemrograman. Ingat… bahwa orang yang sering bergaul dengan penjual minyak wangi maka dia akan ikut menjadi wangi… So… kita adopsi hal ini. Banyak-banyaklah bergaul dengan orang dalam komunitas yang sama-sama interest dengan pemrograman.
  8. Sangat disarankan Anda memiliki komputer sendiri di rumah atau di kost. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa untuk menguasai pemrograman butuh pengalaman dan jam terbang yang banyak dalam membuat progam. Kalau Anda tidak memiliki komputer sendiri, bagaimana bisa menambah jam terbangnya? Untuk belajar pemrograman tidaklah harus membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi. Cukup komputer Pentium III saja itu sudah bisa, kecuali Anda belajar program yang memang butuh spesifikasi besar misalnya programan berbasis visual. Oya… jangan sekali-kali mengandalkan jam praktikum di laboratorium karena waktu penggunaannya sangat-sangat terbatas. Anggap saja ketika Anda beli komputer adalah sebagai investasi jangka panjang. Yakinlah suatu saat modal Anda untuk membeli komputer itu akan balik kembali, atau malah akan memberikan return of investment yang jauh lebih besar.
  9. Jangan hanya mengandalkan catatan atau modul yang diberikan oleh dosen. Isi modul yang ditulis oleh dosen itu rata-rata masih sedikit kontennya. Berusahalah mencari referensi sendiri terkait dengan pemrograman. Toh… saat ini sudah banyak buku-buku yang mengulas tentang pemrograman. Kalau Anda ingin yang gratis, coba cari referensi di internet karena tersedia banyak free ebook yang bisa didownload.
  10. Jangan hanya asal copy paste. Rata-rata orang yang asal copy paste program itu tidak berusaha memahami program yang dia copy.  Coba pahami dahulu program yang Anda peroleh terutama pada algoritmanya, kalau bisa tulis kembali program tersebut menurut versi Anda. Boleh sih copy paste.. asal Anda juga berusaha memahami makna program di dalamnya. Syukur-syukur kalau Anda memodifikasi kode programnya.
  1. Modal awal untuk belajar pemrograman adalah motivasi. Kalau motivasi Anda untuk belajar motivasi besar, Selamat… Anda adalah calon seorang programmer handal. Fokus selanjutnya adalah mengasah skill Anda untuk belajar pemrograman. Terus pertahankan motivasi yang telah Anda miliki. Jangan sampai motivasi ini pupus ketika menemui kegagalan.
  2. Jangan mudah menyerah. Memang… belajar pemrograman adalah tidak mudah. Butuh perjuangan, kerja keras, serta pengalaman (jam terbang). Jangan mudah menyerah ketika banyak error yang muncul ketika membuat program.
  3. Jangan sekali-kali menganggap pemrograman itu adalah sepenuhnya pelajaran ‘Menghapal’. Memang betul, menghapal juga diperlukan yaitu ketika menghapalkan sintaks dan aturan penulisan dalam program. Tapi secara prinsip, pemrograman adalah pelajaran cara berpikir dan logika bagaimana menyelesaikan masalah.
  4. Jangan hanya menjadi tukang ketik. Ketika dosen Anda memberikan contoh program di kelas atau ketika praktikum, jangan hanya memandang setiap barisan kode program tersebut sebagai angin lalu dan hanya Anda pindahkan ke kertas atau komputer. Kalau hanya demikian, sama halnya Anda belajar menjadi tukang ketik. Coba pahami setiap baris kode dan alur program yang dituliskan guru atau dosen Anda. Kalau sudah paham, coba tulis program menurut versi Anda sendiri ke buku atau komputer Anda. Apabila hal ini Anda lakukan, maka secara tidak sadar Anda telah melatih logika berpikir Anda dan belajar menuangkan logika berpikir ke dalam bentuk program.
  5. Untuk mendukung belajar Anda, coba cari orang yang mau mengajari Anda ketika menemui masalah dalam belajar pemrograman. Bisa teman dekat, teman di internet atau bahkan guru dan dosen yang dekat dengan Anda.
  6. Jangan mengandalkan tatap muka di kelas. Materi pemrograman sangatlah luas. Apa yang diberikan dosen ketika kuliah itu sangatlah kecil cakupannya dibandingkan keseluruhan ilmu pemrograman. Cobalah eksplorasi sendiri segala hal tentang pemrograman. Ada banyak referensi di internet yang membahas tentang tips dan trik serta teknik dalam pemrograman.
  7. Carilah komunitas yang fokus dengan pemrograman. Di internet ada banyak forum diskusi via web atau mailing list yang membahas tentang pemrograman. Ingat… bahwa orang yang sering bergaul dengan penjual minyak wangi maka dia akan ikut menjadi wangi… So… kita adopsi hal ini. Banyak-banyaklah bergaul dengan orang dalam komunitas yang sama-sama interest dengan pemrograman.
  8. Sangat disarankan Anda memiliki komputer sendiri di rumah atau di kost. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa untuk menguasai pemrograman butuh pengalaman dan jam terbang yang banyak dalam membuat progam. Kalau Anda tidak memiliki komputer sendiri, bagaimana bisa menambah jam terbangnya? Untuk belajar pemrograman tidaklah harus membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi. Cukup komputer Pentium III saja itu sudah bisa, kecuali Anda belajar program yang memang butuh spesifikasi besar misalnya programan berbasis visual. Oya… jangan sekali-kali mengandalkan jam praktikum di laboratorium karena waktu penggunaannya sangat-sangat terbatas. Anggap saja ketika Anda beli komputer adalah sebagai investasi jangka panjang. Yakinlah suatu saat modal Anda untuk membeli komputer itu akan balik kembali, atau malah akan memberikan return of investment yang jauh lebih besar.
  9. Jangan hanya mengandalkan catatan atau modul yang diberikan oleh dosen. Isi modul yang ditulis oleh dosen itu rata-rata masih sedikit kontennya. Berusahalah mencari referensi sendiri terkait dengan pemrograman. Toh… saat ini sudah banyak buku-buku yang mengulas tentang pemrograman. Kalau Anda ingin yang gratis, coba cari referensi di internet karena tersedia banyak free ebook yang bisa didownload.
  10. Jangan hanya asal copy paste. Rata-rata orang yang asal copy paste program itu tidak berusaha memahami program yang dia copy.  Coba pahami dahulu program yang Anda peroleh terutama pada algoritmanya, kalau bisa tulis kembali program tersebut menurut versi Anda. Boleh sih copy paste.. asal Anda juga berusaha memahami makna program di dalamnya. Syukur-syukur kalau Anda memodifikasi kode programnya.

SEJARAH KOMPUTER II

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic)


Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.



Sejarah Komputer
menurut periodenya adalah:

* Alat Hitung
Tradisional dan Kalkulator Mekanik

* Komputer Generasi Pertama


* Komputer Generasi Kedua


* Komputer Generasi Ketiga


* Komputer Generasi Keempat


* Komputer Generasi Kelima

pengertian komputer

Pengertian komputer secara umum

Apa itu komputer ? .. Pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Adapun perangkat ataupun komponen dari pemaparan pengertian komputer yang dimasudkan terdiri alat masukan (input) seperti keyboard, mouse, scanner kemudian perangkat alat pemrosesan yang berpusat pada CPU (central processing unit) dan alat keluaran (output) seperti layar monitor, printer dll agar pengguna dapat melihat ataupun mendapatkan hasil dari pemrosesan data pada sebuah komputer
pengertian komputer - definisi komputer
pengertian komputer / definisi komputer dalam illustrasi sistem kerja
Definisi tentang pengertian komputer telah mengalami beberapa kali perubahan mengikuti perkembangan komputer itu sendiri. misalnya dahulu kata komputer diartikan sesuai asal katanya adalah compute atau to compute yang artinya menghitung, jadi sejak dahulu istilah komputer telah dipergunakan meski hanya sebatas untuk keperluan perhitungan aritmatika seperti abakus, slide rule, kalkulator mekanik dan lain-lain yang sifatnya mempermudah pekerjaan dalam menghitung dan mengotomatisasi pekerjaan yang berulang.

Pengertian komputer menurut para ahli

Ada beberapa terminologi dalam mendefinisikan pengertian komputer , meskipun para ahli dan peneliti sedikit berbeda dalam memberi definisi komputer namun secara arti dan makna tidak berbeda
  • Hamacher dalam buku Computer Organization : komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi melalui input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  • Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual : komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain adalah menerima input, memproses input dengan menggunakan program tertentu, menyimpan instruksi instruksi dan hasil dari pengolahan serta
    menyediakan output berupa informasi
  • Fuori : komputer adalah suatu Alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
  • Donald H. Sanders dalam buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program).

Definisi Komputer menurut wikipedia & oxford dictionary

  • Definisi komputer menurut wikipedia : pengertian komputer adalah mesin yang dapat diprogram untuk menerima input, menyimpan dan memanipulasi data, dan menyediakan output dalam format yang berguna. (computer is a programmable machine that receives input, stores and manipulates data, and provides output in a useful format)
  • Definisi komputer Oxford Dictionary : pengertian komputer adalah perangkat elektronik untuk menyimpan dan menganalisis informasi dimasukkan ke dalamnya, untuk menghitung, atau untuk mengendalikan mesin otomatis. ( an electronic device for storing and analyzing information fed into it, for calculating, or for controlling machinery automatically)
*** semoga artikel tentang berbagai definisi komputer / pengertian komputer ini bermanfaat

sumber: http://sejarahkomputer.org/pengertian-komputer-definisi-komputer-menurut-para-ahli/

Sejarah Internet Dunia

 sumber: http://sejarahkomputer.org/sejarahinternetdunia-sejarahperkembanganinternet/

Saat ini dunia internet dan perkembangan teknologi informasi kian pesat tapi tahukah anda tentang perkembagan sejarah internet sejak pertama kali ? Dahulu internet adalah teknologi yang sulit dijangkau oleh orang kebanyakan karena penggunaannya sangat terbatas, tidak dikomersilkan dan butuh biaya yang mahal untuk mengoperasikan internet

Hal itu sangat wajar bila kita melihat kilas balik dari sejarah internet karena dahulu penggunaan teknologi internet hanya terbatas untuk keperluan riset negara-negara adikuasa seperti Uni Sovyet dan Amerika. Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal sejarah internet diawali dari uni sovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama sputnik. Peluncuran sputnik ini dirasakan sebagai ancaman oleh musuh besar mereka yaitu Amerika Serikat. Untuk itu Presiden Dwight D. Eisenhower melakukan antisipasi dengan menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Keadaan inilah yang mencetuskan sejarah internet dunia

Sejarah Komputer

Berikut uraian Sejarah Komputer Generasi Kelima..

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.
HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Tips Merawat Komputer

Yah, sorry banget deh temen2. Saya terlalu sibuk mempersiapkan snmptn ini jadi saya agak lama meralatnya dan juga Saya memang agak tergesa2 jadi mungkin blom selesai. Tapi nih dah saya sertakan.

Download Tulisan Lengkap: eko-merawat.pdf

sumber: http://ilmukomputer.org/2008/06/28/tips-merawat-komputer/

Virtual Private Network Dynamic


Dalam dunia internet dan intranet banyak sekali teknologi yang berkembang hingga saat ini baik itu dalam jaringan local maupun non local. Internet banyak digunakan perusahaan, kelompok pengguna bisnis, golongan maupun pribadi. Hal in dikarenakan saat ini masyaraka Indonesia umumnya sudah banyak menggunakan internet sebagai media informasi dan juga penyedia informasi. Terutama dalam dunia bisnis. Namun perlu disadari juga dunia intranet juga tidak kalah hebohnya dengan intranet khususnya bagi pelaku-pelaku bisanis dan para pengusaha yang meng-online kan bisnisnya dalam dunia internet. Salah satu teknologi yang digunakan dalam dunia intranet sendiri adalah VPN alias Virtual Private Network. Dalam pembahasan dibawah ini akan dijelaskan sejauh mana teknologi intranet yang menghandalkan VPN dalam menjawab suatu keamanan pada suatu perusahaan yang mempunyai cabang lebih dari satu dan sejauh mana kemampuan yang akan dihasilkan.

Dowload Tulisan Lengkap: tommy-vpn.zip

sumber: http://ilmukomputer.org/2008/11/25/virtual-private-network-dynamic/

Mempercepat browsing internet dengan Tunnel SSH

Permasalahan koneksi internet di Negara ini tak akan pernah selesai. Hal ini dikarenakan sifat mendasar pada diri manusia itu sendiri yaitu “Tidak pernah puas”. Jadi.. apabila kita diberi koneksi sampai sekian Giga Byte / Second-pun hal ini tak akan pernah cukup. Inginnya.. semakin cepat dan semakin cepat dan semakin cepat lagi. Apalagi bagi Anda pengguna jasa internet seperti IM2, Matrix, XL, Telkomsel, dan lainnya yang sejenis. Boleh dibilang, untuk buka satu halaman website saja dapat memakan waktu lebih dari 3 menit.

Baiklah, saya mempunyai satu trick untuk menyikapi hal ini, yaitu dengan Tunnel (penjelasan tunnel lebih lengkap oleh r4dy4 http://www.jasakom.com/showthread.ph...ghlight=tunnel) . Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu tunnel ?. Tunnel berarti terowongan dalam Bahasa Indonesia, jadi apabila Anda melakukan Tunneling berarti Anda membuka jalur / terowongan koneksi dari komputer Anda kemudian ke server tunnel dan diteruskan ke server target. Untuk membuka jalur ini Anda harus mempunyai server tunnel yang melayani koneksi SSH (Secure Shell). Berikutnya Anda harus mempunyai aplikasi SSH Client agar Anda dapat terhubung dengan server tunnel, beberapa SSH Client yang serting digunakan adalah PuTTY dan Bitvise Tunnelier.

Dalam artikel ini, saya akan menggunakan PuTTY, karena ukuran aplikasi ini tidak begitu besar untuk didownload. Setelah semuanya sudah disiapkan ikuti langkah-langkah berikut :

Instalasi dan Konfigurasi Jaringan LAN buat PEMULA


1. Peer to Peer
2. Client-Server

Jaringan peer-to-peer merupakan jenis jaringan yang menghubungkan beberapa workstation dimana setiap workstation mempunyai kedudukan yg sama. dalam artian masing2 WS berbagi sumberdaya. Sedangkan, jaringan Client-Server, dapat dilihat dari namax, dimana terdapat WS yg berfungsi sebagai server yg menyediakan sumber daya yg diberikan kepada tiap2 client.


ok. kita langsung saja.


Membangun Server NAS dengan Freenas

Di sela kesibukan itu, saya luangkan waktu untuk membikin sebuah e-book tentang NAS (Network Attached Storage)


APAKAH ITU NAS ?


Network Attached Storage (NAS) adalah jenis sistem penyimpanan yang dapat ditampilkan ke jaringan data. Sebuah server NAS berguna untuk penyimpanan data yang berhubungan dengan jaringan.

Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Download Tulisan Lengkap: harry-jaringan.zip

sumber: http://ilmukomputer.org/2008/11/25/mengenal-hardware-dan-topologi-jaringan/

Teknik Konfigurasi LAN di Windows

Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan dijelaskan.
Pada tulisan ini akan dijelaskan instalasi dan konfigurasi LAN untuk platform Windows (98 dan 2000).

Download Tulisan Lengkap: jaka-lan1.zip

sumber: http://ilmukomputer.org/2006/08/25/teknik-konfigurasi-lan-di-windows/

Monitor Jaringan dengan Look@LAN

Look@LAN merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk melihat komputer (host) pada suatu jaringan komputer lokal atau sering disebut dengan local area network (LAN), sehingga kita dapat melihat active services atau fasilitas-fasilitas yang disediakannya.
Look@LAN menyediakan beberapa fasilitas untuk melihat IP Address, status, distance, operating system yang digunakan, hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap. Informasi host yang sedang online/offline, operating system yang digunakan, NetBIOS dan SNMP yang ditampilkan dalam bentuk grafik.
Berdasarkan hasil yang pernah penulis lakukan, Look@LAN hanya dapat digunakan untuk melihat komputer yang terhubung pada jaringan lokal, sehingga tidak dapat digunakan untuk jaringan yang lebih luas. Untuk jaringan yang lebih luas, salah satu software yang pernah penulis gunakan adalah NetworkView.

Download Tulisan Lengkap: yamta-looklan.zip

sumber: http://ilmukomputer.org/2008/11/25/monitor-jaringan-dengan-looklan/

Administrasi Jaringan Linux


Download Tulisan Lengkap: anton-adminjaringanlinux.zip

sumber :http://ilmukomputer.org/2008/11/25/administrasi-jaringan-linux/

Koneksi Jaringan di Linux

Internet [International Network] merupakan sebuah jaringan raksasa yang terdiri atas komputer-komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain. Untuk dapat saling berkomunikasi masing-masing komputer harus mempunyai kartu jaringan dimana kartu jaringan ini mempunyai no identitas yang unik. sebagai contoh no ID kartu jaringan yang penulis miliki adalah 00:50:FC:FE:B1:E9 susah sekali untuk ditulis ataupun diingat kan ?? dan tentunya kita akan sangat kesulitan bila harus mengingat semua no ID kartu jaringan yang ada. Untuk memudahkan hal itu maka digunakan protokol TCP/IP pada setiap komputer dimana setiap komputer yang menggunakan protokol ini harus memiliki nomor yang disebut sebagai alamat IP sehingga untuk melakukan koneksi kita tinggal menggunakan no IP komputer yang tentunya hal ini lebih mudah daripada menggunakan no ID kartu jaringan kita. Dalam Tulisan ini akan dibahas bagaimana cara mengkonfigurasikan Jaringan pada Sistem Operasi Linux
Download Tulisan Lengkap: Koneksi Jaringan di Linux
sumber: http://ilmukomputer.org/2006/08/25/koneksi-jaringan-di-linux/

Belajar jaringan Komputer

Sebelumya mari kita pelajari tentang pengertian Jaringan komputer . Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory, harddisk. Komunikasi: contohnya e-mail/ surat elektronik,instans messaging,chatting. Akses informasi: contohnya web browsing . Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan ( service ). Pihak yang meminta layanan disebut klien ( client ) dan yang memberikan layanan disebut pelayan ( server ).
Nah yang dimksud dengan perangkat jaringan lainnya tersebut misalnya switch,router,dll yang mungkin harganya terlalu mahal untuk ukuran pembelajaran pribadi, sebagai penggantinya yang kita butuhkan disini hanylah sebuah software untuk simulasi jaringan komputer. Software simulasi tersebut bernama packet Tracer.
Download Tulisan Lengkap: Belajar jaringan Komputer

sumber: http://ilmukomputer.org/2006/08/25/tutorial-komputer-dan-jaringan/

Teknologi Jaringan Komputer

Author: · Published: August 25, 2006 · Category: Jaringan Komputer 
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Download Tulisan Lengkap: ardiyansah-jaringan.zip

sumber: http://ilmukomputer.org/2006/08/25/teknologi-jaringan-komputer/

Tutorial Komputer dan Jaringan

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Tutorial ini akan membahas kedua hal penting dalam dunia komputer yaitu komputer dan jaringan. Penjelasan diberikan dengan banyak gambar yang memudahkan pembaca untuk mengikutinya
Tutorial ini telah digunakan di Labor Komputer Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang, sebagai bahan ajar matakuliah “Pengantar Aplikasi Komputer”..
Download Tulisan Lengkap: yuhefizar-komputer.zip

sumber: http://ilmukomputer.org/2006/08/25/tutorial-komputer-dan-jaringan/

Konsep Algoritma Pemrograman

Sebelum belajar algoritma pemrograman, akan lebih baik kita pahami terlebih dahulu langkah-langkah pembuatan suatu program. Terdapat beberapa langkah umum dalam pembuatan suatu program yaitu:
  1. Mendefinisikan masalah
  2. Mencari solusinya
  3. Menentukan algoritma
  4. Menulis program
  5. Menguji program
  6. Mendokumentasikan program
  7. Merawat program
Mendefinisikan masalah
Langkah yang pertama dilakukan adalah mendefinisikan permasalahan. langkah ini harus dilakukan untuk menentukan masalah yang ada serta ditentukan pula input dan output program.

Fungsi Jaringan Komputer


1. Definisi Jaringan Komputer dan Fungsi dan Tujuan Jaringan

Fungsi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Menurut Tannebaum (1981) jaringan komputer adalah an interconnected collection of autonomous computers (suatu kumpulan interkoneksi dari komputer-komputer yang otonom). Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CD-ROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
2. Fungsi dari Jaringan
  • Membagi sumber daya
Jaringan computer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Sumber daya tersebut bisa berupa printer, atau sumber daya berupa data-data, software. Dengan adanya jaringan computer maka sumber daya dapat dikurangi
  • Reliabilitas tinggi
Jaringan computer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian apabila computer salah satu computer rusak, data-data yang didalamnya hilang, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di computer lain.
  • Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan computer,perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu printer dapat di gunakan oleh lebih dari satu computer.
  • Sarana komunikas
Jaringan computer dapat dimanfaatkan untuk komunikasi misalkan memberikan pengumuman rapat kepada karyawan, jadi pimpinan tidak perlu repot mencetak pengumuman. Pimpinan tinggal mengirimkan pengumuman kepada karyawan dengan jaringan computer 

3.  Tujuan   dari jaringan komputer adalah:

  1. Membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk.
  2. Komunikasi, misalnya e-mail, instant messanging, chatting.
  3. Akses informasi, misalnya web browsing. ( http://ID .wikIPedia.org/wiki/Jaringan_komputer )  Menurut Lukas, berdasarkan arah transmisinya, komunikasi data mungkin berupa simplex, half-duplex, atau full-duplex. (Lukas,2006):.
  4. Simplex  Pada  simplex, signal hanya ditransmit satu arah saja dimana satu stasiun sebagai pemancar dan yang lainnya sebagai penerima. Pada sistem ini aliran data hanya dapat terjadi ke satu arah saja.
  5. .Half-duplex  Dalam operasi ini, kedua stasiun mungkin melakukan pengiriman, tapi tidak bisa bersamaan melainkan beroperasi gantian. Pada sistem ini aliran informasi dapat terjadi kedua arah tetapi tidak dapat bersamaan.  
  6. Full-duplex  Dalam operasi full duplex, kedua stasiun  mungkin mentransmisi secara serentak. Pada sistem ini aliran dapat terjadi kedua arah pada saat yang bersamaan. Sistem ini dapat terjadi hanya menggunakan sebuah saluran komunikasi data atau dengan menggunakan dua saluran komunikasi data.
 

LIBRARI Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger